Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

Thursday, May 13, 2010

Keuntungan Menggunakan Google Analytic Untuk Adsense


Oleh Victor Awo

Setelah membuat situs AdSense, Anda harus mampu untuk melacak seberapa baik situs tersebut. Ada berbagai cara untuk melakukan ini, tetapi salah satu yang terbaik dan mungkin cara termudah adalah dengan menggunakan analisis Google. Setelah mendaftar, yang harus Anda lakukan adalah meng-cut dan menyisipkan sepotong kecil kode ke bagian situs Web Anda. Maka informasi yang berkaitan dengan situs Anda dapat Anda lihat pada Google Analytic.

Untuk menggunakan Google analytics untuk AdSense Anda harus menjadi pemilik situs. Anda juga harus memiliki akses ke kode yang mendasari website AdSense yang diupload ke server.

Setelah Anda mendaftar, Anda akan diberikan sepotong kecil dari JavaScript yang dapat Anda paste ke bagian dari HTML tepat di sebelum penutupan 'body' tag. Untuk referensi Anda harus memiliki sebuah komentar yang menggambarkan kode tersebut, hanya untuk mengingatkan diri sendiri tentang fungsinya dalam kasus ini jika Anda harus kembali lagi.

Sebuah informasi yang kaya akan tersedia untuk Anda tentang situs AdSense Anda melalui Google Analytic. Anda mendapatkan data-data tentang jumlah traffic harian serta rata-rata bulanan. Anda mendapatkan data-data tentang sumber traffic Adsense Anda, apakah mereka traffic organik atau langsung atau referrals. Anda mendapatkan informasi tentang halaman yang paling populer di situs AdSense Anda. Anda bahkan mendapatkan informasi tentang kata kunci yang digunakan untuk menemukan situs Anda melalui mesin pencari (bahan yang sangat berharga bagi setiap penerbit AdSense).

Tapi bagaimana Anda menggunakan informasi ini? Apa gunanya semua fakta dan angka-angka yang Anda kumpulkan melalui analisis Google?

Sebagai AdSense publisher adalah sangat penting bagi Anda untuk tahu berapa banyak orang yang berkunjung ke situs Anda dan ini sama pentingnya untuk mengetahui dari mana mereka berasal. Dengan informasi ini Anda dapat mulai memperoleh pemahaman tentang keseluruhan efektivitas kampanye pemasaran Anda. Dari angka-angka Anda dapat memperkirakan berapa banyak seharusnya penghasilan Anda, terutama jika CTR Anda sangat kecil. Menggunakan kalkulator AdSense sederhana Anda dapat memperkirakan penghasilan AdSense dengan menggunakan informasi yang tersedia melalui analisis Google.

Dengan menggunakan informasi yang ada, Anda dapat fokus pada kampanye pemasaran Anda yang terbukti sukses. Jika Anda mendapatkan sejumlah besar pengunjung dari forum misalnya, analisis Google akan memberitahu Anda dan informasi yang kemudian dapat Anda gunakan untuk mengatur strategi pemasaran yang sesuai.

Tetapi informasi yang paling berharga dari Google analisis, adalah yang berkaitan dengan kata kunci. Informasi yang memberi Anda kesempatan untuk fokus pada kata kunci tertentu, maupun kata kunci secara umum, sehingga Anda dapat terus meningkatkan keefektif-an kata kunci tersebut. Dengan informasi yang terkait kata kunci, Anda dapat mengembangkan strategi yang akan membantu Anda menyesuaikan kualitas dan tingkat traffic melalui website AdSense Anda. Pada akhirnya, semua ini akan membantu Anda mendapatkan traffic yang lebih bertarget ke website Anda, sehingga menghasilkan peningkatan yang sesuai CTR Anda.

Ada begitu banyak yang dapat Anda lakukan dengan informasi yang Anda dapatkan menggunakan Google analytics. Tidak semua informasi berguna. Tetapi sejumlah besar dapat digunakan untuk memfokuskan kampanye pemasaran untuk mencapai keberhasilan maksimal.

Seorang penerbit tanpa memiliki alat analisis dasar. Meskipun bukan syarat untuk keberhasilan, tetapi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan semua kampanye AdSense.

0 comments: