Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

Thursday, September 11, 2008

Dimana sih letak terbaik dari google adsense di situs/blog kita?

"Benar ngga sih gosip tentang letak iklan google adsense dapat berpengaruh pada klik yang terjadi?” Jawabannya adalah: Ya, iya lah.

Salah seorang pakar Google mengatakan sendiri bahwa ada korelasi langsung antara penempatan dari Iklan AdSense dan clickthrough yang dihasilkan.

Ketika iklan ditempatkan pada “ zona konten" dibandingkan pada “ zona iklan", tingkat respon pada Google AdWords naik. Di sana juga ada indikasi bahwa iklan yang tampak pada sisi sebelah kanan dari halaman menghasilkan lebih banyak klik dari iklan yang ditempatkan pada sisi kiri.

Ahli analisa periklanan lulusan perilaku manusia dan psikologi telah menghabiskan puluhan tahun untuk mempelajari bagaimana orang membaca tulisan di media cetak dan konten Internet serta apa yang membuat orang merespon iklan yang ada. Beberapa pembahasan ini sudah dimiliki publik, atau tersedia kepada siapapun dengan harga $10,000 atau lebih hanya untuk membelanjakan pada satu salinan.

Google sendiri telah mengeluarkan beberapa keterangan relevan yang difokuskan secara langsung pada peningkatan penghasilan Google AdSense. Kamu dapat membaca penemuan mereka pada google adsense.

Tentu bukan berarti ilmu itu tidak ada gunanya jika ternyata tidak ada hasil yang berarti ketika diterapkan pada web/blog kita. Itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk menguji, uji dan uji lagi. Lakukan percobaan dengan meletakkan Google AdSense diberbagai posisi dan lihat hasilnya dalam waktu tertentu. Google sudah menyediakan sarana melacak respon yang terjadi pada panel kontrol AdSensemu. Ingat pakar Google sendiri mengatakan terdapat sebuah korelasi langsung di antara penempatan dari iklan AdSense dan clickthrough dihasilkan.
Pelajari bagaimana caranya mempergunakan mereka. Saat kamu sudah bisa melihat ada perbedaan yang mencolok dari respon yang ada, maka kamu bisa menentukan lokasi iklan yang terbaik untuk situsmu. Hanya jangan cepat puas. Karena apa terbaik saat ini belum tentu menjadi yang terbaik saat kamu mengubah desain situs atau konten.

Salah satu paling factor penting untuk menentukan penempatan dari iklan adsense adalah jenis konten situs kita. Kalau situs kita berupa toko online atau e-commerce (perdagangan secara elektronik), yang punya banyak salinan gambar dan iklan untuk produkmu sendiri, hal ini akan menyebabkan iklan adsense kita harus bersaing untuk mendapat perhatian melawan iklan produk kita sendiri, Hal ini akan menyulitkan kita jika ingin mendapatkan hasil murni dari klik adsense.

Blogs tampaknya mempunyai tingkat respon dan hasil yang terbaik untuk menghasilkan klik pada google adsense. Barangkali karena pembaca blog menyadari bahwa penghasilan dari iklan akan tetap membuat para blogger tetap bisa “hidup” dan semangat dalam berkarya, sehingga pembaca berpikir dengan mengklik iklan adsense sebagai satu cara untuk donasi atau membalas budi.

1 comments:

Anonymous said...

hmm

makasih ya atas tips dan trik nya..
sekarang saya jadi lebih paham dengan sistem pembayaran dari google Adsense